DAULAH BANI ABBASIYAH

Posted on 8 Februari 2011

0



Daulah Abbasiyah didirikan secara revolusioner dengan menggulingkan kekuasaan Daulah Umaiyah yang saat itu dipimpin oleh khalifah Marwan II bin Muhammad. Kekuasaan Daulah Abbasiyah berlangsung dalam waktu yang cukup panjang sejak tahun 132 H – 656 H / 750 M – 1258 M. Dalam pemerintahan Daulah Abbasiyah ada tiga dinasti yang pernah memgang kekuasaan (tampuk pemerintahan) yaitu Dinasti Bani Abbas, Bani Buwaihi dan Bani Saljuk, dengan khalifah sebanyak 37 orang.

Pada masa Daulah Ababsiyah ini tercapainya peradaban yang gilang gemilang dan juga merupakan puncak kejayaan negara Islam. Puncak popularitas Daulah Abbasiyah berada pada zaman pemerintahan khalifah Harun Al Rasyid dan puteranya Al Makmum. Namun demikian Daulah Abbasiyah juga mengalami kemunduran dan kehancuran, disaat datangnya penyerangan bangsa Mongol yang dipimpin oleh Hulagu Khan pada tahun 1258 M. Mereka tidak saja menghancurkan kota Bagdad tapi juga menghancurkan peradaban Islam yang telah maju dengan pesatnya. Dengan begitu berakhirlah kekuasaan Daulah Abbasiyah

bagi teman-teman yang penasaran dengan cerita Bani Abbasiyah, silahkan di download : Makalah ABBASIYAH semoga bermanfaat.