MAKALAH KE-PGRIan

Posted on 14 Februari 2011

0



PGRI merupakan salah satu elemen masyarakat profesi dibidang pendidikan. Posisinya sangat strategis karena ikut berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan fokus perhatian pada upaya peningkatan profesionalisme guru disertai kesejahteraan yang memadai. Peningkatan kualitas pendidikan tidak dapat dilakukan hanya dengan menata kelembagaan, penentuan personal, serta penyediaan prasarana dan sarana
serta pembiayaan. Mutu pendidikan itu merupakan persoalan kompleks yang terkait pula dengan segenap dukungan komponen Penyelenggaraan Pendidikan yang tergabung dalam stakeholder pendidikan dan pemberdayaan masyarakat menentukan keberhasilan pendidikan.

Peranan guru sangatlah penting dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagaimana yang telah diungkap Sidi ( 2000 ) Pemberdayaan Anggota Guru dalam Pendidikan merupakan keharusan. Kepedulian, perhatian, bantuan dan dukungan merupakan prasyarat yang sangat mendasar dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pemberdayaan anggota guru untuk pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen pendidikan. Melalui pemberdayaan berbagai keputusan pendidikan dapat efektif dan perbaikan dunia pendidikan mendapat dukungan nyata.

PGRI sebagai organisasi profesi bagian dari elemen masyarakat harus bertahan dan dipertahankan serta semakin lama harus semakin maju, bila ingin diterima dan dibutuhkan oleh masyarakat profesi yang bergerak dalam bidang pendidikan.

untuk mengetahui artikel ke-KPGRI-an ini lebih lanjut, silahkan di download saja makalahnya : ARTIKEL ke PGRI an Moga Bermanfaat KEY!!!!