Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Kelas VI Tahun Pelajaran 2009/2010

Posted on 11 Maret 2011

0


ABSTRAK

…………………., 2010. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Kelas VI Tahun Pelajaran 2009/2010.

Kata Kunci: belajar matematika, metode kooperatif model jigsaw

Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Hal ini berarti kesempatan belajar makin banyak dan optimal serta guru menunjukkan keseriusan saat mengajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula melakukan dalam bentuk interaksi belajar mengajar.
Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar matematika dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa?
Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (83,34%), siklus III (91,67%)
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa VI, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.

Posted in: PTK