PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT MAGNET MELALUI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN KELAS V TAHUN 2010/2011

Posted on 11 Maret 2011

0


ABSTRAK
Belajar adalah proses yang diarahkan kepada tujuan, proses bebuat melalui berbagai pengalaman.Disamping itu dinyatakan juga bahwa belajar adalah proses ,mengamati melihat,dan memahami sesuatu.
Metode eksperimen merupekan metode mengajar dalam penyajian yang pembahasan materinya melalui percobaan sesuatu serta mengamati secara proses.
Dengan eksperimen dimaksudkan guru dan siswa mencoba mengerjakan sesuatu serta mengamati proses dan hasil pekerjaannya. Dan setelah eksperimenselesai siswa ditugaskan untuk membanding bandingkan denga eksperimen lain.
Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus deangan harapan ada peningkatan setelah dilaksanakan proses perbaiakan.
Dari hasil penelitian pada siklus satu didapat hasil seperti yang tertera dibawah ini :
1. Rencana Perbaikan Pembelajaran IPA Kelas V SDN ………… Kec. …….. Kab………..
2. Dalam hal mempersiapkan Alat Bantu yang digunakan untuk bereksperimen termasuk dalam katagori baik.
3. Dalam hal melakukan eksperimen termasuk dalam katagori cukup
4. Dalam hal topic yang dieksperimenkan termasuk dala katagori baik
5. Dalam hal hasil temuan-temuan termasuk dalam katagori baik.
6. Dalam menarik kesimpulandari hasil eksperimen yang dilakukan termasuk dalam katagori baik.
Dari hasil penelitian pada siklus dua didapat hasil seperti yang tertera dibawah ini:
1. Dalam hal mempersiapkan Alat Bantu yang digunakan untuk bereksperimen termasuk dala katagori baik.
2. Dalam melakukan eksperimen termasuk dalam katagori baik
3 Dalam hal topik yang dieksperimenkan termasuk dalam katagori baik.
4. Dalam hal hasil temuan-temuan termasuk dalam katagori baik.
5. Dalam hal menarik kesimpulan dari hasil eksperimen yang telah dilakukan termasuk dalam katagori baik.
6. Rata-rata hasil pembelajaran IPA pada siklus satu adalah 6,92.
7 Rata-rata hasil pembelajaran IPA pada siklus dua adalah 7.52
8. Dari rata-rata kedua siklus diatas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus satu ke siklus dua.
9 Dari hasil penghitungan tersebut sebanyak 18 siswa dari 25 siswa yang berhasil, ada7 dari 25 siswa yang kuarang berhasil dalam belajarnya.
10 Dari hasil penghitungan tersebut sebanyak 22 siswa dari 25 siswa yang berhasil,ada 3 dari 25 siswa yang kurang berhasil dalam belajarnya.
11 Pada siklus satu sebanyak 3 dari 25 siswa memperoleh nilai rendah.
12. Pada siklus dua tidak ada siswa yang memperoleh nilai rendah

Posted in: PTK