Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Melalui Motivasi Guru di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri

Posted on 11 Maret 2011

0


ABSTRAK

………… : Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Melalui Motivasi Guru di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri ……. Kec. ….. Kab, ……. Tahun Pelajaran 2009/2010

Kata Kunci : Hasil Belajar, Motivasi Guru

Kemampuan para siswa kelas VIII di MTsN …….. memiliki hasil belajar yang kurang terutama pada pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Hal ini dibuktikan dalam tiga kali ulangan, hasil yang dicapai oleh siswa masih sangat rendah. Setelah dilakukan observasi pada para siswa yang sedang melaksanakan tugas pada materi Menerapkan Budaya Sehat tersebut, didapat sebuah kenyataan bahwa banyak diantara siswa yang kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran.
Untuk tujuan itu, penulis bersama teman sejawat berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan perbaikan pembelajaran pada materi menerapkan budaya sehat dengan menggunakan metode motivasi guru. Inti dari penerapan metode ini adalah meningkatkan motivasi guru terhadap siswa untuk membuat siswa lebih bersemangat dan konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung.
Setelah berlangsung selama tiga siklus, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada materi Menerapkan Budaya Sehat mengalami peningkatan, sehingga mampu mencapai standar ketuntasan minimum yang telah ditetapkan oleh sekolah. Peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan meningkatnya nilai prestasi belajar.

Posted in: PTK