HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN DENGAN KEPUASAN ANGGOTA PADA BAITUL MAL WATTAMWIL (BMT)

Posted on 15 Maret 2011

0


ABSTRAK

………….., Hubungan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Anggota pada BMT Mawaddah Penyepen Palengaan Pamekasan. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: …………………………………..

Kata kunci: kualitas layanan, kepuasan anggota

Kualitas layanan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh untuk pemasaran produk khususnya produk jasa. Kualitas layanan yang baik sangat berpengaruh terhadap kepuasan anggota. Kualitas layanan sendiri merupakan ukuran penilaian menyeluruh antara layanan yang diharapkan anggota dengan kinerja aktual yang diterima anggota. Dengan demikian maka diadakan penelitian tentang seberapa dekat hubungan kualitas layanan terhadap kepuasan anggota. Penelitian ini dilakukan pada BMT …………………………………. yang merupakan lembaga keuangan yang cukup terkenal.

Permasalahan yang menjdi fokus kajian dalam penelitian ini ada tiga macam, yaitu: (1) bagaimana kualitas layanan yang diberikan oleh karyawan BMT terhadap anggota, (2) bagaimana kepuasan anggota terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh karyawan BMT, (3) adakah hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dengan kepuasan anggota.

Manfaat penelitian ini banyak sekali terutama untuk BMT itu sendiri. Dari penelitian ini dapat diperoleh informasi penilaian anggota terhadap karyawan sehingga dapat ditentukan strategi pemasaran di masa sekarang dan di masa yang akan datang.

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota BMT …………………………………., baik yang aktif, kurang aktif, maupun tidak aktif sebanyak 815 anggota. Oleh karena banyaknya populasi maka diambil sampel sebanyak 82 anggota, dengan menggunakan random sampling.

Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment untuk mengetahui seberapa dekat hubungan antara variabel dalam penelitian ini. Hasil analisis korelasi antara kualitas layanan (fisik dan nonfisik) dengan kepuasan anggota diperoleh hasil rxy = 0.890 dengan r kritis = 0.220 dalam taraf signifikansi 5%. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dengan kepuasan anggota pada BMT …………………………………..

Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan karyawan menggunakan tanda pengenal pada saat melaksanakan tugas dan memanfaatkan alat komunikasi secara baik dalam memberikan pelayanan kepada anggota.

Posted in: SKRIPSI