PERANAN GURU TUGAS DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN

Posted on 15 Maret 2011

0


ABSTRAK

………… 2007. Peranan Guru Tugas dalam Kegiatan Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Islam …………………………., Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi …………………………., Pembimbing: …………………………..

Kata kunci: Peranan guru tugas, kegiatan pembelajaran

Ada 5 (lima) fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: (1) apa saja peranan guru tugas di lembaga pendidikan Islam …………………………., (2) mengapa diperlukan guru tugas di lembaga pendidikan Islam …………………………., (3) bagaimana pelaksanaan pendidikan melalui keberadaan guru tugas di lembaga pendidikan Islam …………………………., (4) faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan melalui keberadaan guru tugas di lembaga pendidikan Islam …………………………., dan (5) apa solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan melalui guru tugas di lembaga pendidikan Islam …………………………..

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peranan guru tugas di lembaga pendidikan Islam …………………………., (2) perlunya guru tugas di lembaga pendidikan Islam …………………………., (3) pelaksanaan pendidikan melalui keberadaan guru tugas di lembaga pendidikan Islam …………………………., (4) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan melalui keberadaan guru tugas di lembaga pendidikan Islam …………………………., dan (5) solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan melalui guru tugas di lembaga pendidikan Islam …………………………..

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah ketua yayasan, kepala madrasah, dan guru tugas. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan komponensial. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan uraian rinci.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peranan guru tugas di Lembaga Pendidikan Islam …………………………. di antaranya adalah sebagai informator, organisator, motivator, direktor, inisiator, transmitter, fasilitator, mediator, dan evaluator, (2) perlunya guru tugas di Lembaga Pendidikan Islam …………………………. adalah untuk menutupi kekurangan guru yang selamanya ini jumlahnya sangat terbatas, baik pada RA, MI, maupun MTs. Di samping itu, perlunya guru tugas di Lembaga Pendidikan Islam …………………………. adalah untuk mewujudkan kelancaran dan keberhasilan proses pembelajaran, yang selama ini belum efektif dan optimal, (3) pelaksanaan pendidikan melalui keberadaan guru tugas di Lembaga Pendidikan Islam …………………………. termasuk baik. Dari segi pelaksanaan pendidikan melalui keberadaan guru tugas adalah berjalan secara lancar, tertib, dan efektif. Kemudian dari segi hasil pelaksanaan pendidikan yang standar pengukurannya hasil belajar siswa dalam bentuk angka adalah berkisar antara nilai 70 sampai dengan 85 untuk siswa MI, dan untuk siswa MTs berkisar antara nilai 75 sampai dengan 90, (4) faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan pendidikan melalui keberadaan guru tugas di Lembaga Pendidikan Islam Al-Misbah Ponjanan Barat Batumarmar Pamekasan di antaranya adalah adanya loyalitas dan pengabdian yang tinggi serta kedisiplinan yang tinggi dalam melaksanakan tugas-tugas yang dipercayakan kepada guru tugas. Kemudian faktor-faktor penghambat pelaksanaan pendidikan melalui keberadaan guru tugas di Lembaga Pendidikan Islam …………………………. di antaranya adalah terbatasnya sarana pembelajaran yang ada, seperti media pembelajaran serta buku-buku paket untuk pegangan siswa dan guru, dan (5) solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan melalui guru tugas di Lembaga Pendidikan Islam …………………………., terutama berkenaan media pembelajaran dan buku-buku paket untuk pegangan siswa dan guru adalah yayasan bersama sekolah untuk tahun pelajaran …………………………. berusaha untuk memenuhinya. Pihak sekolah juga menekankan kepada para guru untuk terampil merancang dan membuat sendiri media pembelajaran meskipun dalam bentuk sederhana.

Posted in: SKRIPSI